Saturday, April 5, 2014

Pengertian UN (Ujian Nasional)

        
perkenalkan nama saya agung besti, saya sekolah di smkn 2 cilaku. saya sedang duduk di kelas 3, dan sebentar lagi yang saya hadapi adalah UN (Ujian Nasional). ada yang tidak tau UN ? yap Un adalah Ujian yang diselenggarakan oleh pemerintah dan selalu diadakan setiap tahun ? loh kenapa ? kan disekolah juga sudah ada ujian nya, ? memang benar di sekolah juga sudah ada, tp yg ini beda ? beda dari mananya yaa dari type soalnya, mungkin yang disekolah ujian nya itu yang menyusun soalnya adalah guru guru tersebut atau guru guru dari sekolah lain atau biasa sering di sebut MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) biasanya MGMP itu terdiri dari seluruh guru guru perkabupaten dan berkumpul mengadakan rapat dan membuat soal-soal terbaik yang akan di ujikan ke masing masing sekolah untuk di ujiankan. tp soal MGMP biasanya hanya ada 1 minggu pertiga tahun sekali, dan namanya pun adalah ujian sekolah MGMP.
          ok langsung ke pembahasan, UN (Ujian Nasional) diadakan ujian itu dengan maksud adalah untuk mengukur seberapa besar potensi anak anak bangsa terhadap soal yang diberikan.
mungkin ada yang lulus ada yang enggak, yang lulus yaa kita ucapkan alhamdulilah, tapi yang tidak lulus jangan berkecil hati sobat blogger, masih ada paket C kata pemerintah juga, ya walaupun ada paket C kan kita tetep gak enak, kita belajar di sekolah dengan pendidikan formal dan ternyata kita malah mendapatkan paket C, ada yang tidak tau paket C ?
          Paket C adalah paket yang dimana untuk mensetarakan jenjang pendidikan atau orang yang tidak bersekolah bisa mendapatkan paket C, misalnya bapak yang berumur 30 tahun dia bisa mendapatkan paket C bila dia belum mendapatkan ijazah sma.
          berarti kita disamain sama orang yang belajar seminggu dong ? tepat sekali nah itulah kerugian kita kalau tidak lulus, tapi kalau kita tidak lulus yaa kita rugi, kita mengenyam pendidikan selama 3 tahun dan ternyata kita hanya bisa mendapatkan paket C.
           menurut kalian bagaimana ini rugi atau tidak ? menurut saya rugi ? kenapa ? kita sudah bersekolah selama hampir 3 tahun dan kelulusan kita hanya tergantung 3 hari, jadi itu adalah risiko yang besar seharusnya kita lulus dengan nilai sempurna ? kenapa ? kita belajar kan sudah 3 tahun, masa iyaa ijazah nya disamain yang gak belajar kan rugi.
intinya kita harus berusaha untuk mengejar kelulusan tersebut mungkin dengan cara berdoa,ikhtiar,istigosah atau lain sebagainya.
semangat belajar kawan, yang mau menghadapi UN bersiaplah karna kalian lulus di sekolah itu hanya di tentukan oleh 3 hari jadi bersiaplah menghadapinya, siap gak siap harus siap.
man jadda wa jadda .
sukses bagi orang yang mau berusaha, walaupun Allah lah yang menentukan usahamu tersebut tetap ikhtiar yaaa :)
sampai jumpa hari esok, kalau masih bisa nulis, saya akan mencoba sharing :)

No comments:

Post a Comment